Rabu, 06 Mei 2015

Tech Trends 2015







Trend Teknologi di Tahun 2015

Tahun 2014 telah dihadirkan dengan berbagai teknologi-teknologi canggih yang semakin meningkatkan kesejahteraan manusia. Dan di tahun 2015 ini, para ahli IT juga telah memprediksi berbagai tren teknologi yang memiliki potensi dalam memberikan dampak yang cukup besar bagi kesejahteraan umat manusia. Berikut merupakan 8 trend teknologi di tahun 2015.



1. Komputasi dimanapun

Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, smartphone tidak lagi hanya menjadi alat untuk menelepon atau menggirimkan pesan. Didukung dengan berbagai peralatan canggih, smartphone memberikan kemudahan untuk mengakses berbagai hal yang memberikan kemudahan.
2. Internet of Things (IoT)

Istilah Internet of Things ini mungkin masih sangat jarang didengar, dan kebanyakan orang mungkin belum mengetahui makna dari istilah ini. Internet of Things merupakan sebuah konsep dasar yang menghubungkan perangkat apapun dengan internet tanpa membutuhkan hubungan antara orang ke orang atau orang ke komputer. Saat ini, perkembangan IoT melingkupi teknologi nirkabel (wireless), sistem elektromekanis atau mirco-electromechanical systems (MEMS), dan internet.

Saat ini perkembangan Internet of Things berfokus pada produk-produk digital dan sudah banyak barang-barang yang menanamkan IoT untuk mengoperasikannya. Di tahun 2015 ini tentu pengaplikasian Internet of Things akan semakin beragam.
3. 3D Printing

Saat ini, banyak barang yang dibuat menggunakan mesin 3D Printing. Banyak industri yang memproduksi barang-barang menggunakan metode ini. Selain lebih mudah dan efisien, 3D Printing membuat biaya produksi menjadi berkurang. Bahkan, saat ini 3D Printing sudah digunakan secara personal di rumah, dan mesin yang digunakannya juga dijual dengan harga yang beragam.
4. Analisa lebih canggih

Perkembangan teknologi yang didukung dengan Internet of Things membutuhkan analisa untuk menghasilkan data-data yang akurat. Data-data tersebut akan digunakan untuk menemukan jawaban dan menemukan penemuan baru untuk perkembangan dunia teknologi.
5. Context-rich Systems

Kekayaan konteks ini didukung dengan kemajuan teknologi dan analisa, sehingga membuat sistem menjadi lebih waspada dan responsif terhadap lingkungan. Kemajuan ini akan semakin meningkatkan kesadaran terhadap keamanan.
6. Mesin Pintar

Saat ini, mesin-mesin pintar sudah banyak beredar di masyarakat berkat penelitian dan keinginan manusia untuk terus mengembangkan teknologi yang ada. Diperkirakan, perkembangan teknologi mesin-mesin pintar akan terus berkembang di tahun 2015 ini.
7. Cloud

Perkembangan teknologi Cloud saat ini sudah berkembang dengan sangat pesat dan diperkirakan akan terus bertumbuh. Komputasi Cloud memungkinkan penyimpanan data secara terpusat yang akan meningkatkan efektivitas dan membuat biaya bandwidth menjadi lebih rendah.
8. Web berskala IT

Website-website raksasa, seperti Amazon, Facebook, dan Google mengoptimalkan penggunaan Cloud dan di tahun 2015 ini, akan semakin banyak website menggunakannya, sehingga menyebabkan wesite berskala IT.

Meskipun di tahun 2015 ini, tidak semua orang dapat menggunakan teknologi-teknologi tersebut, namun tren teknologi ini tentu akan memberikan dampak yang positif. Kemajuan teknologi yang ada saat ini akan terus membawa manusia ke dalam sebuah dunia modern tanpa batasan yang didukung dengan teknologi-teknologi canggih.






Source : http://blog.dealharga.com/8-trend-teknologi-di-tahun-2015/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar