Senin, 21 Oktober 2013

Menajemen Proyek Resiko (Softskill)



Proposal Manajemen Proyek Resiko Dalam Bank


Pengertian Manajemen

Manajemen merupakan suatu kegiaan untuk memperoleh suatu hasil melalui kegiatan kelompok orang lain yang mempunyai kemampuan atau keahlian dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dengan batas- batas tertentu.


Pengertian Proyek

Sebuah proyek merupakan suatu usaha atau aktifitas yang kompleks, tidak rutin, dibatasi oleh waktu, anggaran, resources dan spesifikasi performansi yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan konsumen.


Sebuah proyek juga dapat diartikan sebagai upaya atau aktifitas yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan, sasaran, dan harapan-harapan penting dengan menggunakan anggaran dana serta sumber daya yang tersedia yang harus diselesaikan dalam jangka waktu tertentu.

Jadi, Manajemen Proyek adalah kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan sumber daya organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dengan sumber daya tertentu pula. Manajemen proyek sangat cocok untuk suatu lingkungan bisnis yang menuntut kemampuan akuntansi, fleksibilitas, inovasi, kecepatan, dan perbaikan yang berkelanjutan.

Proses - proses dari manajemen proyek dapat dikelompokkan dalam lima kelompok yaitu: initiating process, planning process, executing process, controlling process dan closing process.

Dalam prakteknya, timbulnya suatu proyek disebabkan oleh berbagai factor antara lain:


· Adanya permintaan pasar. Artinya adanya suatu kebutuhan dan keinginan dalam masyarakat yang harus disediakan. Hal ini disebabkan karena jenis produk yang tersedia belum mencukupi atau memang belum ada sama sekali.


· Untuk meningkatkan kualitas produk. Bagi perusahaan tertentu proyek dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas atau mutu suatu produk. Hal ini dilakukan karena tingginya tingkat persaingan yang ada.


· Kegiatan pemerintah. Artinya merupakan kehendak pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat atas suatu produk atau jasa, sehingga perlu disediakan berbagai produk melalui proyek - proyek tertentu.


· Dalam merancang sebuah manajemen proyek ini adapun hal-hal yang harus diperhatikan dari berbagai macam segi pandang antara lain:






Tujuan 

Tujuan dari dibuatnya proposal ini adalah :

1. Menjelaskan metodologi dan desain jaringan yang akan diimplementasikan pada Sistem komputerisasi Bank.

2. Mengetahui infrastruktur apa saja yang akan digunakan pada perancangan infrastruktur jaringan Bank

3. Estimasi Biaya

4. Biaya untuk IT Consultant


Permasalahan / Kebutuhan Bisnis :
Bank Bca (Bank Central Asia ) merupakan salah satu bank swasta yang terkremuka di Negara Indonesia. Bank Bca tersebut memiliki banyak fasilitas untuk mendukung kegiatan – kegiatan operasional. Fasilitas – fasilitas tersebut berupa gedung – gedung, persebaran kantong pembantu cabang, 


Bank Bca ingin menjadikan dirinya sebagai bank swasta terbaik yang dapat diandalkan seluruh masyarakat Indonesia yang nantinya juga akan memuaskan untuk bekerjasama dengan Negara – Negara lainnya. Untuk mencapai tujuan itu maka Bank Bca perlu memiliki kondisi yang berkualitas yaitu fasilitas – fasilitas yang memadai untuk mendukung kinerja bank itu sendiri. Proyek ini bertujuan untuk membantu Bank Bca dalam mengorganisir pengelolaan fasilitas – fasilitas tersebut.


Evaluasi tentang Usaha (Analisis SWOT)


Strength (Kekuatan)
Dengan produk IT yang berkualitas, perushaan ini dapat memenuhi kebutuhan client (Perusahaan berbasis IT) yang membutuhkan pengamanan sistem IT perusahaan yang membutuhkan seperti perusahaan perbankan.






Weaknes (Kelemahan)
Persaingan pasar dengan perusahaan luar yang memiliki sumber daya manusia lebih handal dan juga fasilitas teknologi yang lebih mumpuni.






Oportunity (Peluang)
Peluang sangat terbuka karena banyak perusahaan yang membutuhkan pengamanan untuk fasilitas IT perusahaan mereka.






Threaty (Ancaman) 
Munculnya Perusahaan - perusahaan baru yang sejenis yang berusaha menyaingi perusahaan Mael IT Coporation sehingga menimbulkan persaingan.


Krisis ini membawa dampak yang luar biasa pada keseluruhan sistem perbankan di Indonesia. Namun, secara khusus, kondisi ini memengaruhi aliran dana tunai di BCA dan bahkan sempat mengancam kelanjutannya. Banyak nasabah menjadi panik lalu beramai-ramai menarik dana mereka. Akibatnya, bank terpaksa meminta bantuan dari pemerintah Indonesia. Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) lalu mengambil alih BCA pada tahun 1998.


Berkat kebijaksanaan bisnis dan pengambilan keputusan yang arif, BCA berhasil pulih kembali dalam tahun yang sama. Di bulan Desember 1998, dana pihak ke tiga telah kembali ke tingkat sebelum krisis. Aset BCA mencapai Rp 67.93 triliun, padahal di bulan Desember 1997 hanya Rp 53.36 triliun. Kepercayaan masyarakat pada BCA telah sepenuhnya pulih, dan BCA diserahkan oleh BPPN ke Bank Indonesia pada tahun 2000.


Selanjutnya, BCA mengambil langkah besar dengan menjadi perusahaan publik. Penawaran Saham Perdana berlangsung pada tahun 2000, dengan menjual saham sebesar 22,55% yang berasal dari divestasi BPPN. Setelah Penawaran Saham Perdana itu, BPPN masih menguasai 70,30% dari seluruh saham BCA. Penawaran saham kedua dilaksanakan di bulan Juni dan Juli 2001, dengan BPPN mendivestasikan 10% lagi dari saham miliknya di BCA.



PROSPEK USAHA


Dengan berdirinya perusahaan yang bergerak di bidang IT ini dan semakin berkembangnya peran teknologi dalam kehidupan masyarakat, maka perusahaan ini diprediksikan akan terus bertahahan dan maju untuk membantu perusahaan-perusahaan yang berbasis IT khusunya perbankan untuk membantu pengamanan fasilitas IT atau E-Banking pada perbankan sehingga mereduksi terjadinya tidak kriminal. Saat ini, BCA terus memperkokoh tradisi tata kelola perusahaan yang baik, kepatuhan penuh pada regulasi, pengelolaan risiko secara baik dan komitmen pada nasabahnya baik sebagai bank transaksional maupun sebagai lembaga intermediasi finansial.










Gagasan Solusi :
Untuk dapat menjalankan pemeliharaan fasilitas – fasilitas yang telah ada, disini diperlukan data yang akurat dan terkini tentang keberadaan, missal kuantitas dan lokasi, fasilitas yang berada di kantor maupun anjungan tunai mandiri dan kondisi fasilitas – fasilitas tersebut. Permasalahannya adalah bahwa informasi – informasi yang terkini dan lengkap sangat sulit untuk didapatkan. Salah satu solusi yang efektif dan efisien untuk pemecahan masalah tersebut adalah dengan membangun sistem berbasis web yang memiliki fitur sebagai berikut :


1. Sistem informasi fasilitas-fasilitas yang ada di Bank Bca yang terdiri atas: jumlah detail dan lokasi fasilitas tersebut berada, kondisi terkini fasilitas tersebut, apakah fasilitas tersebut dalam
kondisi rusak atau tidak, dan skala kepentingan fasilitas tersebut. Skala kepentingan tersebut
adalah input untuk sistem penunjang keputusan yang akan membantu dalam memutuskan
fasilitas mana yang rusak, dan fasilitas apa saja yang membutuhkan perbaikan lebih dulu.
Database ini akan dikelola oleh administrator, dalam hal ini yang bertindak sebagai
administrator adalah Kepala Bagian Pemeliharaan Fasilitas Bank Bca, dan setiap waktu masyarakat umum melalui Internet dapat melihat tampilannya di web dan memberikan informasinya yang kemudian akan di-up load ke database. Prosedur pengisian data yaitu perwakilan dari
tiap fakultas dan sarana fasilitas yang lain, yang bertanggung jawab terhadap fasilitas yang
mereka kelola secara langsung, sebagai operator, mengisi sendiri data inventori tentang
fasilitas-fasilitas yang dikelola.


2. Sistem penunjang keputusan. Sistem ini akan membantu dalam memutuskan fasilitas mana
yang membutuhkan perbaikan lebih dulu dari keseluruhan fasilitas yang mengalami
gangguan atau kerusakan.


3. Forum yang berfungsi sebagai sarana komunikasi dua arah antara pihak pengelola fasilitas
dengan masyarakat umum yang bertindak sebagai pengguna fasilitas Bank Bca.


4. E-mail berfungsi untuk mengirimkan keluhan atau saran dari masyarakat umum yang
ditujukan untuk Kepala Bagian Pemeliharaan Fasilitas Bank Bca.


Hasil yang diharapkan :
Melalui pelaksanaan proyek ini diharapkan bahwa :


1. Adanya database yang lengkap dan terkini mengenai fasilitas – fasilitas yang terdapat di seluruh bagian kota.


2. Peningkatan kualitas pelayanan fasilitas yang ada.


3. Tercipta komunikasi dua arah yang terjadi diantara pihak pengelola dengan masyarakat pengguna fasilitas.


4. Aspirasi masyarakat pengguna fasilitas dapat ditampung dengan baik.


Daftar Produk Bca :

Produk Simpanan


Tahapan BCA


· Tahapan


· Tahapan Gold


· Tapres


· BCA Dollar


· Giro


· Giro Valas


· Deposito Berjangka


· Tahapan Xpresi (untuk remaja usia < 25 tahun)


· TabunganKu





Perbankan Elektronik


· ATM BCA


· Debit BCA


· Tunai BCA


· Flazz BCA


· BCA By Phone


· Klik BCA


· m-BCA


· SMS BCA


· BCA KlikPay


· BCA mobile (di smartphone)

BCA Mobile


BCA Mobile merupakan aplikasi perbankan BCA yang memiliki fitur perbankan elektronik seperti Klik BCA, m-BCA dan Info BCA. Aplikasi ini mendukung sistem operasi BlackBerry, iOS danAndroid dan dapat diunduh di BlackBerry App World, App Store dan Google Play Store.





Kartu Kredit


Kartu Kredit BCA berfitur Flazz


· Kartu Kredit BCA Card Flazz Gold


· Kartu Kredit BCA Card Flazz Klasik


· Kartu Kredit BCA Everyday Card Flazz


· Kartu Kredit BCA Card Flazz Platinum


· Kartu Kredit BCA Visa Infinite Singapore Airlines PPS Club


· Kartu Kredit BCA Visa Signature Singapore Airlines KrisFlyer


· Kartu Kredit BCA Visa Platinum


· Kartu Kredit BCA MasterCard Platinum


· Kartu Kredit BCA Visa Gold


· Kartu Kredit BCA MasterCard Gold


· Kartu Kredit BCA Visa Klasik


· Kartu Kredit BCA MasterCard Klasik


· Kartu Kredit BCA mc2 Gold (Looney Tunes)


· Kartu Kredit BCA mc2 Klasik (Looney Tunes)


· Kartu Kredit BCA Visa Batman





Produk Kredit Konsumen


· Kredit Pemilikan Rumah BCA (KPR BCA)


· Kredit Pemilikan Rumah Xtra (KPR BCA Xtra)


· Refinancing


· Kredit Pemilikan Apartemen (KPA BCA)


· Kredit Kendaraan Bermotor (KKB BCA)


· Kredit Sepeda Motor (KSM BCA)





Bancassurance


· Provisa Max


· Optishield


· Edusave


· Medisave Plus


· Pro Series (Pro Ayah, Pro Bunda, Pro Ananda)





HALO BCA


Melalui HALO BCA, Anda bisa mendapatkan informasi perbankan dengan mudah dan cepat serta memperoleh solusi setiap permasalahan transaksi perbankan cukup melalui telepon, kapanpun dan dimanapun Anda berada.


Dengan sertifikat ISO 9001:2000, komitmen kami adalah memberikan layanan terbaik bagi nasabah selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Nomor HALO BCA adalah 500888 atau melalui ponsel di (021) 500888.





BCA Syariah


Sesuai izin yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia melalui Surat Gubernur Bank Indonesia No. 12/13/KEP.GBI/DpG/2010, dinyatakan bahwa PT. Bank BCA Syariah mulai beroperasi tanggal 5 April 2010. Kami hadir untuk memenuhi dan melayani kebutuhan transaksi syariah masyarakat.


BCA Remmitance
Kiriman Uang Valas


BCA melayani kiriman uang dalam valuta asing kepada penerima di dalam atau di luar negeri. Sarana yang digunakan adalah telegraphic transfer (TT/wire transfer) dan demand draft (DD/bankdraft).
Keunggulan


· Cepat dan Aman


Teknologi informasi handal dan jaringan global bank koresponden memungkinkan kiriman uang Anda dari setiap cabang BCA sampai ke tujuan tepat waktu.


· Kurs dan Biaya bersaing dalam 14 mata uang:


Dolar Australia(AUD), Dolar Kanada (CAD), Franc Swiss (CHF), Krone Denmark (DKK), Euro (EUR), Pound sterling (GBP), Dolar Hong Kong (HKD), Yen Jepang (JPY), Renminbi/Yuan (RMB), Riyal Saudi Arabia (SAR), Krona Swedia (SEK), Singapore Dollar (SGD), Dolar Selandia Baru (NZD), dan Dolar Amerika Serikat (USD). Fleksibel Berdasarkan permintaan Anda, kiriman uang dapat sampai pada hari yang sama* (Value Today) dan/atau tanpa potongan* (Full Amount). Sumber dana dari rekening Anda atau tunai.


· Syarat dan ketentuan berlaku


Syarat dan ketentuan umum pengiriman mata uang valas di BCA :


· Layanan ini tersedia untuk siapa saja, baik pemilik rekening maupun yang belum memiliki rekening BCA.


· Prosedur sederhana. Pengirim mendatangi cabang BCA terdekat dan mengisi serta menyerahkan formulir Permohonan Pengiriman Uang (PPU) yang telah tersedia.
Kiriman Uang ke Indonesia


BCA menyalurkan kiriman uang cepat dan aman dari bank koresponden atau mitra di luar negeri kepada penerima di Indonesia . Pengiriman uang dapat ditujukan ke:


· Rekening BCA dan rekening bank lain


· Tunai (non rekening)


Pencairan dapat dilakukan di setiap cabang BCA dengan membawa KTP/Paspor yang masih berlaku dengan


· Menggunakan PIN


Untuk kiriman uang tunai melalui FIRe cash, Xpress Money, AFX Fast Remit, atau EzRemit, penerima harus menyebutkan nomor PIN


· Menggunakan DD (Demand Draft)


Penerima dapat menguangkan wesel yang diterbitkan oleh






Informasi Keuntungan dan Biaya
Keuntungan yang didapat :


1. Dengan adanya database yang lengkap dan terkini mengenai fasilitas – fasilitas yang ada di seluruh daerah, mempermudah pencarian informasi mengenai fasilitas – fasilitas apa saja yang perlu segera diperbaiki.


2. Masalah dan keluhan terhadap fasilitas – fasilitas di Bank Mandiri akan lebih cepat ditanggapi dan ditangani karena informasi masalah atau keluhan dari pengguna akan lebih cepat sampai ke operator.


3. Pihak pengelola fasilitas pusat pun tidak perlu repot mengeluarkan waktu dan biaya yang berlebih dengan cara manual.


4. Adanya transparansi kearah pengguna agar pengguna dapat juga mengontrol bahwa fasilitas yang dikeluhkannya diperbaiki dengan baik dan cepat.









Lampiran


A. Estimasi Biaya Hardware
Server dengan spesifikasi:
- Processor Intel Core 17 Rp. 8.000.000,00
- Memory SDRAM 4GB Rp. 5.000.000,00
- Monitor 17” Rp. 2.500.000,00
- Hardisk 1 TB Rp. 4.000.000,00
- External Modem Rp. 2.000.000,00
- Perlengkapan lainnya Rp. 3.500.000,00
Total Rp. 25.000.000,00 / 1 unit
Total 10 unit Rp. 250.000.000,00


B. Estimasi Biaya Software
- MS Project Rp. 10.000.000,00
- OS Rp. 5.000.000,00
Total Rp. 15.000.000,00
Total 10 unit Rp. 150.000,00


C. Estimasi Biaya Supplies
- Kertas A4 10 RIM Rp. 3.000.000,00
- Flashdisc Rp. 2.500.000,00
- CD Rp. 1.500.000,00
- Tinta printer Rp. 14.000.000,00
Total Rp. 20.000.000,00
Total 10 unit Rp. 200.000.000,00


D. Estimasi Biaya User Training
- 10 orang trainer @Rp. 40.000.000,00 Rp. 400.000.000,00


E. Estimasi Consultant Service
- 5 orang konsultan @Rp. 20.000.000,00 Rp. 100.000.000,00


F. Estimasi Human Resources

- 3 orang Project Officer Rp. 60.000.000,00

- 6 orang programmer Rp. 120.000.000,00

- 3 orang System Analist Rp. 30.000.000,00

- 2 orang graphic desainer Rp. 40.000.000,00

Total Rp. 250.000.000,00






TOTAL PENGELUARAN : Rp. 1.350.000.000


Kesimpulan


Dalam merancang atau membuat suatu topologi jaringan harus berdasarkan kebutuhan,bukan keuangan. Pada saat semua rancangan jaringan dibuat sesuai dengan fungsi dan kebutuhanya, maka jaringan itu akan berjalan dengan baik. Sebaliknya, jika sisi pemanfaatanya kurang, maka jaringan itu hanya sebagai hiasan mewah di kantor anda, sedangkan jika pemakaian berlebih mengakibatkan Jaringan Komputer di kantor anda menjadi crowded atau berjalan dengan tidak semestinya.






Daftar Pustaka




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar