Minggu, 27 Oktober 2013

Karya Tulis

I. Kualitas karya tulis ditentukan oleh 2 aspek, yaitu:
A.Topik yang menarik
B.Mudah dipahami oleh pembaca

Jawab :

A.Topik Yang Menarik

Topik merupakan suatu pokok dari sebuah pembicaraan atau sesuatu yang akan menjadi landasan dalam penulisan sebuah artikel Maupun Tulisan yang hendak disampaikan atau lebih dikenal dengan topik Pembicaraan... Topik juga berasal dari bahasa Yunani “topoi” yang berarti tempat, dalam tulis menulis berarti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikel.

Topik yang menarik bisa Menjadi Hal Penting agar topik tersebut bisa digunakan penulis untuk menjadi suatu mahakarya dari tulisan tersebut. agar bisa menjadi hal yang menarik untuk di perbicarakan oleh semua orang .
Aspek ini biasanya dipengaruhi oleh suatu peristiwa/hal yang sedang terjadi atau telah terjadi yang menjadi pembicaraan hangat oleh masyarakat. Misalnya, terdapat karya tulis yang memiliki topik mengenai Raspberry PI, yang dimana Raspberry PI tersebut adalah suatu hardware terbaru yang bisa disebut juga komputer mini seukuran kartu ATM. Dengan begitu akan dapat menarik pembaca khususnya dari kalangan pemerhati teknologi.



Syarat Sebuah Topik
Syarat topik yang baik bisa ditinjau dari 2 segi, yaitu topik yang baik bagi penulis dan topik yang baik bagi pembaca. Bagi penulis, topik yang baik yaitu berbasis pada kompetensi penulisnya yaitu sesuai dengan :

-Bidang keahlian.

-Bidang studi yang didalami.
-Pengalaman penulis: pengalaman kerja, praktik dilapangan, penelitian, partisipasi dalam suatu kegiatan ilmiah.
-Bidang kerja atau profesi.
-Karakter penulis (baik, cerdas, inovatif, kreatif).
-Temuan yang pernah diteliti.
-Kualifikasi pengalaman: nasional, internasional.
-Kemampuan memenuhi tuntutan masyarakat pembacanya.
-Kemampuan memenuhi target kebutuhan segmen pembacanya, dan
-Temuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang diperlukan pembacanya.





B.Mudah dipahami pembaca

Aspek ke dua ini aspek lanjutan dari sebelumnya, dimana saat pembaca melihat judul yang menarik. Salah satu tujuan penulisan buku adalah agar buku tersebut menarik pembacanya adalah mudah dipahami. Kemenarikan suatu buku tidak hanya dari materi yang disajikan tetapi juga sosok tampilan buku. Buku yang sangat tebal, penuh dengan tulisan mungkin kurang menarik bagi kalangan pembaca tertentu. Sebab itu  penting untuk mengetahui kepada siapa buku anda akan ditujukan.Kemudian kita sebagai pembuat karya tulis haruslah membuat para pembaca dapat memahami karya tulis kita, jangan sampai pembaca tidak mengerti atau merasa bosan dengan karya tulis tersebut. Misalnya karya tulis Buku bagi kelompok anak-anak, tentunya disajikan dengan sosok yang meriah, warna-warni, ceria sesuai dengan kehendak mereka.


http://panjipawitraalaffiat.blogspot.com/2013/04/kualitas-karya-tulis_25.html
http://idaysurya.blogspot.com/2013/04/tugas-ke-2-softskill-bahasa-indonesia-2.html
http://miftah-softskill.blogspot.com/2013/04/tugas-2-kualitas-karya-tulis.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar