Selasa, 25 Oktober 2011

paper 3 pemograman diri mahasiwa


Paper 3 pemograman diri mahasiswa
Oleh : M.Fauzi.Irawan
Rencana system Strategis Sistem komputer dan Teknologi Komputer
Oleh : M.Fauzi.irawan
Mahasiswa S
1 Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma
Penyusunan rencana system strategis sistem komputer (SK) dan teknologi komputer (TK) merupakan hal yang penting bagi organisasi saat ini, baik pemerintahan ataupun swasta. Kebutuhan bisnis yang semakin hari semakin tidak terlepas dari Teknologi dan Sistem Informasi menjadi alasan lain perlunya dibangun sebuah rencana strategis (renstra). Renstra tidak hanya sekedar menjelaskan apa yang akan dilakukan, tapi juga menganalisa kondisi existing (saat ini).
Kondisi yang ada saat ini menjadi benchmark untuk penyusunan renstra. Banyak organisasi yang tidak mengetahui kondisi SK dan TK yang dimilikinya saat ini. Sebarapa penting SK dan TK bagi pekerjaan mereka. Banyak yang hanya berpuas dengan cara kerja yang mereka terapkan saat ini. Hanya menjadikan komputer sebagai mesin ketik, tanpa berfikir jauh kedepan. Ketika ini dibiarkan saja seperti ini, maka organisasi akan jauh tertinggal dan kalah bersaing dengan perusahaan – perusahaan lain.
Kita ambil contoh sebuah maskapai yang menawarkan penerbangan pada lingkup nasional dan internasional. Bagaimana kemdian mereka menjadwalkan sumber daya (pesawat dan pegawai) mereka agar mendapatkan keuntungan yang optimal. Bagaimana mereka bertukar data antar bagian? Bagaimana mereka mengelola asset mereka? Tentu semua pekerjaan itu tidak terlepas dari keberadaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Belum lagi berbagai aktivitas yang harus dilakukan secara realtime dan terhubung dengan seluruh kantor cabang yang ada. Tentu perusahaan harus mempertimbangkan penambahan investasi SI dan TI dalam hal ini.
Permasalahan yang muncul kemudian adalah apa prioritas investasi kita? bagian apa? berapa budgetnya? bagaimana ruang lingkupnya? Tentu perlu dilakukan analisis yang komprehensif dalam membuat perencanaan investasi (pembangunan) Sistem Informasi dan TI sehingga dapat memenuhi kebutuhan bisnis. Selain memenuhi kebutuhan bisnis juga tidak usang oleh waktu (efek dari perkembangan teknologi di masa depan).
Solusi yang dapat diambil adalah peruhaan perlu mempertimbangkan untuk melakukan penyusunan rencana strategis dan rencana arsitektur dari Teknologi Informasi yang akan digunakan di dalam perusahaan. Pada akhirnya tersusun sebuah konsep besar yang pada akhirnya akan mengoptimalkan investasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Memberikan jaminan bahwa investasi tidak mubazir.
PROGRAM SAYA KEDEPAN UNTUK MEMBUAT HARDWARE YANG LAMBAT MENJADI BEKERJA CEPAT
Ada beberapa visi dan misi mahasiwa system computer melainkan anak computer bahwa kita anak computer itu
Harus memiliki soladaritas antara anak system computer dan teknik computer dan oleh sebab itu meraka di jadikan grup yang dinamakan hmtk himpunan mahasiswa teknik komputer
Visi :
HMTK atau Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer Merupakan Organisasi Intra Kampus di Universitas Gunadarma Fakultas Ilmu Komputer Jurusan Teknik Komputer (D3) dan sistem Komputer (S1)



Misi :
  • Meningkatkan kerjasama, komunikasi dan persaudaraan antarsesama mahasiswa Sistem Komputer
  • Meningkatkan wawasan mahasiswa Sistem Komputer dalam bidang IT
  • Menyediakan wahana penyaluran aspirasi dan pengembangan minat bakat mahasiswa Sistem Komputer
  • Menyediakan wahana untuk mengenalkan jurusan SK kepada UNSRI dan masyarakat luas
  • Mendorong mahasiswa Sistem Komputer untuk kreatif, inovatif dan kompetitif
Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi serta untuk memenuhi kebutuhan khususnya untuk mensukseskan pendidikan Teknik Informatika di lingkungan Fakultas Teknik Universitas gunadarma , terus diupayakan langkah-langkah menuju kearah peningkatan. Berbagai upaya telah diusahakan untuk mengatasi segala kemungkinan pemberian pelayanan yang lebih baik sesuai dengan perkembangan teknologi informasi saat ini. Salah satu upaya pengembangan yang telah dilaksanakan sejak tiga tahun terakhir ini adalah pengembangan infrastruktur jaringan komputer dan internet.
Penyebaran Local Area Network (LAN) di Fakultas Teknik Universitas Gunadarma yang telah dikembangkan sampai saat ini telah mencakup 3 tempat yaitu ruang Sekretariat Fakultas Teknik, Labkom Fakultas Teknik , dan Fakultas Ekonomi. Pengembangan dan penerapan teknologi informasi memerlukan dukungan dari semua unit terkait maupun sumber daya manusia.
Sebagai tindak lanjut pengembangan dan penerapan teknologi informasi, pada tahun 2008 ini adalah:
  1. Mempersiapkan Penyediaan Akses Internet bagi Universitas gunadarma Rencana pengembangan teknologi informasi saat ini, Laboratorium komputer Fakultas Teknik akan menyediakan tempat sebagai pusat terminal akses internet bagi kepentingan civitas academica di lingkungan Universitas Gunadarma.
    Penyediaan fasilitas ini diadakan untuk memberikan kesempatan bagi civitas academic untuk mengenal dan mengetahui mengenai informasi baik yang ada di lingkungan Universitas Gunadarma maupun informasi lainnya.
    Jangkauan kedepan upaya Laboratorium Komputer Fakultas Teknik menyediakan fasilitas ini adalah untuk pelayanan jasa komputer bagi pengguna di lingkungan Universitas Gunadarma . Diharapkan setiap pengguna akan dapat menggunakan fasilitas yang disediakan secara bergantian menurut ketentuan dan prosedur yang berlaku.
Adapun persyaratan penggunaan fasilitas adalah sebagai berikut:
· Waktu penggunaan fasilitas dari hari senin s/d jum'at.
· Menunjukkan identitas diri (kartu mahasiswa).


  1. Pemakaian Fasilitas Laboratorium Komputer(ilab).
Pemakaian fasilitas laboratorium komputer pada Laboratorium Komputer Fakultas Teknik Universitas Gunadarma bertujuan agar dapatnya civitas academic memanfaatkan laboratorium untuk kepentingan ilmu pengetahuan, pengembangan komunikasi, keperluan belajar-mengajar, penelitian serta administrasi. Untuk itu agar dapatnya ketertiban dan kelancaran pemakaian fasilitas tersebut telah diupayakan pengaturan dan tatacara pemanfaatan fasilitas laboratorium komputer tersebut.
  1. Tatacara Pengguna Fasilitas pada Laboratorium Ilab gunadarma.
Setiap pengguna diharapkan memenuhi tatacara dan prosedur yang ada pada Laboratorium Komputer Fakultas Teknik Universitas Islam Attahiriyah, yang antara lain:
1. Bagi Pengguna Biasa (Civitas Academica):
· Menunjukkan kartu mahasiswa yang berlaku saat itu.
· Menunjukkan Kartu pegawai/tanda pengenal lain bagi tenaga
administrasi/tenaga edukatif,atau kartu tanda mahasiswa
2. Tata tertib pengguna:
· Setiap pengguna wajib memelihara ketertiban, ketenangan dan kesopanan di ruang laboratorium maupun terminal akses internet  seperti: tidak merokok, tidak membawa makanan dan minuman, tidak menimbulkan suara yang mengganggu dan berpakaian yang sopan.
· Setiap pengguna wajib melaporkan diri pada saat datang dan selesai menggunakan fasilitas kepada petugas.
Merencanakan masa depan : mahasiswa pun tak paham
In Pendidikan Tinggi, Serba-Serbi Jepang on Januari 18, 2010 at 12:05 pm
Hari ini adalah kuliah terakhir di semester musim gugur, dan materi percakapan dan bacaan yang kami bahas di kelas Bahasa Indonesia tingkat II adalah tentang cita-cita atau rencana masa depan. Seperti biasa sebelum memulai pelajaran saya selalu menuliskan tema dan tujuan pembelajaran hari ini, kemudian berlanjut pada pengenalan beberapa kosakata terkait, dan beberapa ungkapan yang akan dijumpai dalam percakapan dan bacaan. Selanjutnya saya mulai menanyai mahasiswa saya satu per satu apa rencana mereka setelah lulus.
Jawabannya kebanyakan ingin bekerja di perusahaan. Saya tidak puas dengan jawaban pendek, jadi biasanya akan saya kejar dengan pertanyaan susulan, perusahaan apa, dan di bagian apa atau bekerja sebagai apa. Sama halnya seorang mahasiswa yang ingin menjadi guru, saya tanya lagi guru apa dan di mana.
Hampir semua mahasiswa menjawab : perusahaan apa saja, ketika saya tanya jenis perusahaan. Dan mahasiswa yang ingin menjadi guru, mengatakan akan mengajar di SMA, tapi tidak menjelaskan detil mata pelajaran apa yang akan diasuhnya.
Saya tertegun dan menyadari bahwa mahasiswa saya agak terlambat dimotivasi tentang masa depan dan bagaimana meraihnya.
Saya kemudian menjelaskan apa itu cita-cita dan bagaimana merencanakan agar semuanya tercapai. Saya ambilkan contoh menjadi guru. Dengan membuat sistem seperti pohon bercabang, saya gambarkan bahwa guru ada di pucuk pohon. Sebelum menjadi guru, proses yang harus ditempuh adalah ikut ujian guru dan mendapatkan sertifikat (kyouin menkyo).  Untuk ikut ujian guru dan proses sertifikasi, kandidat harus mengumpulkan kredit mata kuliah pendidikan dalam jumlah tertentu, yang kalau tidak ada di universitasnya, dia harus mengambilnya di universitas yang lain. Jadi kalau sekarang mahasiswa saya di Program Studi Bahasa dan Sastra, maka dia perlu mengambil mata pelajaran pedagogy di fakultas pendidikan. Sembari dia mengambil kuliah pendidikan, dia juga harus mulai memupuk minat pada sekolah. Kunjungan ke sekolah, melihat cara guru mengajar memang agak sulit dilakukan di Jepang, tapi banyak video dan siaran di TV yang mengangkat tema pembelajaran di kelas. Lalu saya minta mahasiswa saya membuat poin lain yang perlu dipersiapkan untuk menjadi guru, melengkapi cabang-cabang pohon yang saya buat.
Mahasiswa saya termangu, dan hanya ber-ooh-ooh.
Jika ingin bekerja di perusahaan, maka sejak dini sudah harus memastikan perusahaan apa. Setelah jelas jenis perusahaannya, mulailah mempelajari bagian-bagian atau jenis pekerjaan yang ada di dalamnya dan skill apa yang dibutuhkan untuk menguasai pekerjaan. Seorang mahasiswa saya ingin bekerja di maskapai penerbangan, tapi dia juga tak mampu menjelaskan pekerjaan apa yang akan dilakukannya. Maka saya katakan padanya untuk mencari informasi lebih dalam tentang pekerjaan-pekerjaan di sebuah maskapai.
Dengan mengetahui gambaran pekerjaan yang diinginkan, seseorang akan paham pula dengan skill yang dibutuhkan. Setelah paham dengan skill yang diperlukan, bukankah dia akan mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh ? Dia tidak hanya bersungguh-sungguh kuliah, tapi juga akan terpacu mencari informasi tentang pekerjaan yang akan digelutinya, dan dengan kesadaran penuh mempelajari ilmu-ilmu baru, atau keterampilan yang terkait dengan pekerjaannya kelak.
Mahasiswa saya manggut-manggut, dan saya tersenyum sambil mengatakan, “masih ada waktu. Kalian masih tingkat 2. Mulai dari sekarang bergegaslah menentukan mau jadi apa kalian nanti.
Jam pelajaran berakhir, dan saya selalu merasa kekurangan waktu ketika mengajar bahasa Indonesia, sebab saya terlalu sering bercerita di kelas
Dari kesimpulan di atas saya menilai kalau kita kelak akan selesai kuliah atau pun akan lulus akan kerja dimana kah kita itu pun blum tentu kita dapat kerja kesimpulan nya di masa depan kita tidak tau dapat kerja apa ngag yang harus di pikirkan oleh pemikiran mahasiswa gimana kita harus di perusahan itu bisa membuat karya baru untuk di perjual belikan seperti menjual ilmu kita kepada orang dan orang  itu menilai apa yang kita ungkapan pemikirian kita itu di beli seperti kita mempromosikan barang (hardware ) itu seperti kita bisa jual ke product itu anak system computer bisa membuat barang seperti hardware nah barang itu kita jual kepada pelanggan dan di situ kita bisa mendapatkan untung  jadi intinya suatu pemikiran kita penting sekali untuk di nilai orang .

Fasilitas Gunadarma


Normal 0 false false false IN JA X-NONE MicrosoftInternetExplorer4
Perpustakaan
Sebagai tempat menimba ilmu pengetahuan. Universitas Gunadarma menyediakan Perpustakaan yang dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma telah digunakan oleh mahasiswa, dosen, karyawan dan alumni Universitas Gunadarma.
Sesuai dengan kemajuan teknologi komunikasi dan audio visual telah dikembangkan perpustakaan audio visual di Universitas Gunadarma. Perpustakaan audio visual tersebut dilengkapi dengan peralatan televisi dan video pendidikan. Untuk pengadaan modul film dan video pendidikan, perpustakaan tersebut dilengkapi dengan studio untuk melakukan pembuatan film dan modul pendidikan dalam bentuk slide serta rekaman video. Dalam perencanaannya akan diproduksi film dan video pendidikan untuk setiap mata kuliah yang diberikan di Universitas Gunadarma. Para mahasiswa, dosen, dan karyawan serta pihak lain yang berkepentingan dapat memanfaatkan fasilitas tersebut guna mendukung pelaksanaan kegiatan belajar mengajar.
Perpustakaan menunjang Tridarma Perguruan Tinggi dengan fungsinya sebagai sumber informasi bagi pelaksanaan proses belajar dan mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Lokasi Perpustakaan berada pada lokasi :
1.   Kampus D Jalan Margonda Raya No. 100 Depok
Telepon : 78881112 - ext. 301
Gedung III Lt. 1
Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer, Fakultas Teknologi Industri, dan Fakultas Teknik Perencanaan dan Sipil
2. Kampus E Jalan Akses UI Kelapa Dua
Telepon : 8727541 - ext. 501
Gedung V Lt. 1
Perpustakaan Fakultas Ekonomi, Fakultas Psikologi dan Fakultas Sastra dan Bahasa
Perpustakaan Audio Visual

Layanan Perpustakaan
Layanan yang disediakan oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma adalah :
Keanggotaan
Perpustakaan menyediakan layanan keanggotaan yang ditujukan untuk mahasiswa dan staf/dosen di lingkungan Universitas Gunadarma. Dengan menjadi anggota, mahasiswa/staf/dosen dapat melakukan peminjaman koleksi bahan pustaka yang dimiliki oleh Perpustakaan Universitas Gunadarma.


Prosedur pendaftaran dan perpanjangan keanggotaan adalah :
1). Keanggotaan Mahasiswa
a. Masa berlaku keanggotaan mahasiswa adalah satu semester, pendaftaran dan perpanjangan diadakan pada setiap awal semester selama 2 bulan.
b. Proses pendaftaran dan perpanjangan keanggotaan sama: Anda harus menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan fotokopi bukti pembayaran uang kuliah pada semester berjalan. Dibalik fotokopi blanko, tuliskan biodata anda yang terdiri dari Nama, Fakultas, Kelas, Alamat, RT, RW, Kota, Kode pos, Telepon.
2). Prosedur Keanggotaan Staff/Dosen
a. Bagi dosen atau staff yang ingin menjadi anggota cukup menunjukkan identitas dirinya sebagai dosen Universitas Gunadarma berupa Surat Keterangan Jadwal Mengajar atau identitas lainnya. Selanjutnya mengisi biodata di buku pendaftaran keanggotaan.
b. Masa berlaku keanggotaan dosen adalah selama yang bersangkutan terdaftar sebagai staf/dosen di lingkungan universitas Gunadarma.
Peminjaman bahan pustaka bagi anggota
Peminjaman bahan pustaka hanya ditujukan untuk anggota. Bahan pustaka yang dapat dipinjam adalah buku teks untuk mahasiswa dan dosen/staff, serta buku diktat kuliah untuk dosen/staf. Yang berhak meminjam buku adalah anggota perpustakaan yang aktif. Perpustakaan menerapkan sistem pelayanan tertutup, dimana apabila pengunjung ingin membaca/meminjam suatu buku, yang bersangkutan harus memintanya terlebih dahulu kepada petugas, bukan mengambil langsung dari rak buku.

Prosedur peminjaman buku ini adalah :
1. Cari nomor panggil (call number) buku yang ingin dibaca melalui katalog buku atau komputer pencarian (searching). Untuk pencarian dengan menggunakan komputer, pencarian dapat dilakukan berdasarkan judul, pengarang dan subjek.
2. Lihat detail dari katalog-katalog hasil pencarian di komputer, apabila sesuai dengan buku yang ingin dibaca catat nomor panggilnya.
3. Serahkan catatan nomor panggil tersebut kepada petugas bersamaan dengan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), jumlah maksimal buku yang dibaca adalah 2 (dua) buah. Petugas akan mengambilkannya untuk anda.
4. Setelah buku diterima, anda belum dapat membawanya pulang. Anda harus menyerahkan buku tersebut untuk dicatat sebagai transaksi peminjaman anda. Jika selesai, anda dapat membawa pulang buku tersebut.
5. Lama peminjaman untuk mahasiswa adalah 2 (dua) minggu dan dapat diperpanjang sebanyak 1 (satu) kali sehingga total peminjaman plus perpanjangan peminjaman adalah 4 (empat) minggu. Lama peminjaman untuk dosen adalah 6 (enam) bulan.
6. Lihat batas peminjaman pada bagian belakang buku.
7. Keterlambatan pengembalian buku akan dikenakan denda sebesar Rp 100,- per hari keterlambatan untuk mahasiswa dan Rp 200,- untuk dosen.
8. Jumlah maksimal peminjaman dibawa pulang adalah 2 (dua) eksemplar untuk mahasiswa dan 5 (lima) eksemplar untuk dosen.

Perpanjangan Peminjaman
1. Serahkan buku yang ingin diperpanjang bersama dengan KTM anda, sampaikan kalau anda ingin memperpanjang peminjaman buku tersebut. Petugas akan melihat data transaksi peminjaman buku tersebut.
2. Apabila anda telah memperpanjang peminjaman buku tersebut, maka anda tidak dapat memperpanjang kembali peminjaman buku tersebut dan transaksi dianggap sebagai pengembalian.
3. Apabila masa peminjaman telah melewati batas lama peminjaman, maka anda akan dikenakan denda peminjaman. Serahkan uang denda sebesar yang disebutkan petugas.
4. Apabila proses pencatatan transaksi telah selesai, petugas akan menyerahkan buku bersama KTM anda.

Pengembalian Buku
1. Serahkan buku yang ingin dikembalikan bersama dengan KTM anda, sampaikan kalau anda ingin mengembalikan buku.
2. Petugas akan melihat data transaksi peminjaman buku tersebut dan menghitung denda keterlambatannya.
3. Apabila masa peminjaman telah melewati batas lama peminjaman, maka anda akan dikenakan denda peminjaman. Serahkan uang denda sebesar yang disebutkan petugas.
4. Petugas akan mengembalikan KTM anda.

Administrasi Perpustakaan
Layanan ini meliputi pembuatan Surat Bebas Perpustakaan dan Surat Keterangan Sumbangan. Proses administrasi dilakukan oleh mahasiswa yang akan dan telah melakukan sidang. Kegiatan ini terdiri dari 2 jenis: bebas perpustakaan dan sumbangan.
Bebas perpustakaan adalah surat yang menyatakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan tidak mempunyai peminjaman lagi di Perpustakaan Universitas Gunadarma. Maka, mahasiswa yang telah membuat surat bebas perpustakaan telah dianggap keluar dari keanggotaan Perpustakaan Universitas Gunadarma dan tidak dapat melakukan peminjaman buku serta pendaftaran keanggotaan. Surat ini dibuat sebagai persyaratan pendaftaran sidang kelulusan (Penulisan Ilmiah bagi D3 atau Skripsi/Non-skripsi bagi S1).
Sumbangan dilakukan oleh mahasiswa yang telah melakukan sidang, baik sidang Penulisan Ilmiah (S1 atau D3) maupun Skripsi atau Non-Skripsi. Proses ini akan menghasilkan surat keterangan sumbangan yang digunakan untuk mengambil sertifikat atau Surat Tanda Lulus Sementara (STLS).


Kunjungan Ruang Referensi
Bagi mahasiswa yang sedang melaksanakan penulisan ilmiah atau skripsi dapat mengunjungi ruang referensi. Di ruang ini, tersedia jurnal, majalah, penulisan ilmiah, skripsi dan akses internet. Kunjungan referensi merupakan kunjungan mahasiswa ke ruang referensi dalam rangka mencari bahan untuk penulisannya. Kegiatan ini dilakukan ketika mahasiswa mendapat tugas membuat Penulisan Ilmiah atau Skripsi.
Fasilitas yang disediakan di ruang referensi adalah : koleksi penulisan/skripsi mahasiswa Universitas Gunadarma, koleksi majalah/jurnal dari berbagai instansi didalam maupun diluar Universitas Gunadarma, 5 unit komputer yang terhubung ke internet dan koleksi referensi lainnya.
Karena keterbatasan ruangan, maka kunjungan mahasiswa akan dibatasi sebanyak 8 kunjungan per semester dengan masing-masing kunjungan dibatasi waktunya selama 1 jam. Adapun prosedur melakukan kunjungan ke ruang referensi adalah sebagai berikut :
1. Mahasiswa datang ke ruang referensi berdasarkan jadwal shift yang tersedia, dengan menyerahkan Kartu Rencana Studi semester berjalan miliknya yang didalamnya terdapat keterangan bahwa yang bersangkutan sedang mengerjakan Penulisan Ilmiah/Skripsi.
2. Petugas akan menahan KRS tersebut dan menyerahkan kunci locker, mahasiswa tidak diperkenankan membawa tas selama didalam ruang referensi dan tas harus dimasukkan kedalam locker.
3. Apabila waktu shift telah selesai atau mahasiwa ingin keluar sebelum shift selesai, mahasiswa harus menyerahkan kunci locker setelah mengambil tas/barang-barang miliknya dari locker tersebut dan petugas akan mengembalikan KRS miliknya.
4. Pada masa-masa puncak kunjungan, mahasiswa terkadang harus antri untuk dapat masuk kedalam ruang referensi. Maka disarankan untuk memesan terlebih dahulu paling lambat 1 jam sebelum shift kunjungan yang ingin digunakan.

Waktu Pelayanan
Peminjaman
Senin - Jum'at : 09.00 - 14.00 WIB (Istirahat : 12.00 - 13.00 WIB)
Sabtu : 09.00 - 12.00 WIB

Kunjungan Referensi, Pengembalian dan Administrasi
Senin - Jum'at : 09.00 - 15.00 WIB (Istirahat 12.00 - 13.00 WIB)
Sabtu : 09.00 - 12.00 WIB


Pola pikir mahasiswa juga harus dengan banyak baca karena dengan baca kita bisa mendapatkan ilmu informasi dan sebagai nya






PERENCANAAN KEUANGAN MASA DEPAN SANG MAHASISWA
Oleh: Ahmad Gozali
Dikutip dari Harian Republika, Januari 2007
Assalamu'alaikum wr wb
Pak Gozali yang baik,
Perkenalkan nama saya Hendri. Saya berumur 20 tahun dan tercatat sebagai mahasiswa di sebuah perguruan tinggi swasta. Sampai saat ini, uang yang saya peroleh dari kerja paruh waktu, saya gunakan untuk biaya kuliah. Saya berusaha keras untuk menyelesaikan pendidikan saya. Terus terang, saya khawatir dengan masa depan karena saat ini belum punya usaha sendiri, rumah, dan lain-lain. Saya mohon saran Bapak, kira-kira apa yang harus saya lakukan untuk merencanakan masa depan?
Hendri, Yogyakarta


Jawaban:
Waalaikumussalam wr wb
Hallo, apa kabar Mas Hendri? Senang sekali menerima email dari Anda. Saya salut dengan Anda yang masih berprofesi sebagai mahasiswa tetapi telah berpikir untuk merencanakan masa depan. Bahkan Anda mampu memperoleh uang untuk membiayai kuliah sendiri tanpa tergantung kepada pihak lain.
Saran saya, jangan memandang biaya pendidikan sebagai beban pengeluaran, tetapi jadikan sebagai investasi dalam jangka panjang karena dengan Anda menyelesaikan kuliah kemungkinan bisa menambah 'nilai jual' Anda sehingga bisa memperoleh penghasilan yang lebih tinggi. Khawatir tentang masa depan itu tidak salah, tetapi bukan berarti kekhawatiran tersebut menutup kreativitas kita untuk bergerak maju.
Untuk merencanakan masa depan, Anda harus mempunyai visi yang jelas. Dan ini bisa dimulai dengan menentukan langkah apa yang akan diambil setelah selesai kuliah. Profesi apa yang akan ditekuni di masa depan dengan merintis jenjang karier yang lebih tinggi atau membuka usaha. Tentukan target waktu: kapan selesai kuliah, kapan mulai berkarier atau merintis usaha. Saat penghasilan sudah mengalami peningkatan, usahakan terus menyisihkan sebagian dan diinvestasikan agar tujuan Anda di masa depan bisa tercapai.
Di samping itu, sekarang Anda juga bisa memanfaatkan waktu luang di sela-sela kegiatan bekerja dan kuliah untuk menambah penghasilan sehingga ada kelebihan uang yang akan diinvestasikan. Anda bisa memanfaatkan hobi atau keahlian untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kemudian, penghasilan tambahan itu dapat diinvestasikan sehingga dalam jangka panjang Anda akan dapat mencapai rencana masa depan Anda seperti membuka usaha, membeli rumah, dan lain-lain. Mulailah dari sekarang dan laksanakan secara berkesinambungan. Saya yakin harapan Anda dapat tercapai.
Selamat merencanakan, sukses selalu.
Salam,
Ahmad Gozali
Perencana Keuangan

Pola pikir mahasiwa tentang keuangan menurut saya bagi orang tua nya pas pasan menurut saya mahasiswa itu harus rajin belajar untuk mendapatkan beasiswa
Karena beasiswa itu bisa meringkan beban orang tua .

Pola piikir saya kedapan nya saya ingin di suatu perusahan bisa mengembangkan suatu pemikiran saya menjadi lebih bermakna seperti pembuatan hardware mungkin bisa berkembang di masa depan .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar